Social Icons

Pages

Senin, 01 April 2013

PERAN ETIKA DALAM PENGGUNAAN TI




PERAN ETIKA DALAM PENGGUNAAN TI

Kata etika berasal dari bahasa Yunani, ethos atau ta etha yang berarti kebiasaan atau adat istiadat.

Sedangkan dalam pengertian Teknologi Informasi, Etika adalah suatu kumpulan azas atau nilai yang berkenaan dengan akhlak,tata cara dalam menggunakan teknologi informasi.
Untuk menerapkan peran etika dalam Tekhnologi Informasi, terlebih dahulu kita harus mengenal dan memaknai tujuan dan prinsip yang terkandul dalam Tekhnologi Informasi (TI), yaitu :

  • Tujuan Tekhnologi Informasi yaitu untuk membantu manusia menyelesaikan masalah,menghasilkan kreatifitas, dan mempermudah segala pekerjaan agar lebih efektif dan efisien.
  •  Prinsip High tech high touch. Saat ini manusia lebih banyak bergantung kepada tekhnologi tercanggih,bahkan bisa dikatakan manusia lebih mengutamakan peran penting Tekhnologi ketimbang kemampuan manusia itu sendiri.
  • Sesuaikan Tekhnologi Informasi kepada Manusia. Pada prinsip ini seharusnya memang demikian,seharusnya Tekhnologilah yang menyesuaikan terhadap manusia,bukan sebaliknya manusia yang menyesuaikan terhadap Tekhnologi.
Tekhnologi Informasi tiak terlepas dari berbagai keterbatasan,oleh karena itu dalam pengunaan Tekhnologi Informasi terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan,diantaranya :

  • Kesadaran dalam mengetahui kemampuan dan keterbatasan Tekhnologi Informasi.
  • Tekhnologi Informasi agar digunakan secara betul,beretika dan untuk perlindungan data.
Dalam Tekhnologi informasi terdapat beberapa isu yang marak,seperti Cybercrimes, privasi penguna, Hak kekayaan Intelektual, dan masih banyak lagi. Maka dari itu Peran etika dalam penggunaan Tekhnologi Informasi sangat penting untuk menjaga tidak terjadinya kejahatan di duia Maya atau di dunia Tekhnologi Informasi. Dengan mengenalnya etika dalam menggunakan Tekhnologi Informasi,setidaknya bisa meminamalisir.

Jadi mulailah Mengunakan Tekhnologi Informasi secara bijak :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Sample text

Sample Text

Sample Text